PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG

Main Authors: Ridodo, Moli, Samhati, Siti, Suliani, Ni Nyoman Wetty
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Unila , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/8137
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/8137/4949
Daftar Isi:
  • The purpose of this research was to describe the learning of writing exposition at the first grade of SMA Negeri 3 Bandar Lampung. The research used descriptive qualitative design. The result of the research showed that the teacher had done three steps in learning. They were: lesson planning, implementating, and assessing. In lesson planning, the teacher made the lesson plan by including components in 2013 curriculum. In the implementation of learning, there were two activities: teacher’s activities and students’ activities. The activities that were done by teacher including three activities: pre activities, while activity and post activity. The assessment that was done by teacher including affective assessment through observation technique, cognitive assessment through oral and written test, and psychomotor assessment through practice test. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan mencantumkan komponen-komponen RPP pada Kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan siswa. Aktivitas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan teknik observasi, penilaian kompetensi pengetahuan dengan teknik tes tulis dan tes lisan, dan penilaian kompetensi keterampilan dengan teknik tes praktik.Kata kunci: eksposisi, menulis, pembelajaran.