PENDAYAGUNAAN KONTEKS DALAM TINDAK TUTUR ANAK TUJUH TAHUN DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN
Main Authors: | Pratama, Purnawan Wahyu, Rusminto, Nurlaksana Eko, Suliani, Ni Nyoman Wetty |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Unila
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/3074 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/3074/2069 |
Daftar Isi:
- In this research discussed about the children use the context in speech act. The purpose of this research is to describe about the children using the context in speech act. The method of this research is qualitative descriptive method. The source of this research is speech act with use context from children seven years old namely is Dinda Bintang Wahyu Adhira. Based on the result of data analysis, is found that the context of children used such as time context, place, event, condition, people, age, and weather. The use of speech act in the children are direct speech act and direct speech act with the reason. In another hand indirect speech act of the children they use the modes, like indirect speech act with the fact, habitually, questioning, giving information, griped, the third person, and explaining the lack.Penelitian ini membahas tentang pendayagunaan konteks dalam tindak tutur anak usia tujuh tahun. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pendayagunaan konteks dalam tindak tutur anak usia tujuh tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pendayagunaan konteks dalam tindak tutur anak usia tujuh tahun bernama Dinda Bintang Wahyu Adhira. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan konteks yang didayagunakan oleh anak meliputi konteks waktu, konteks tempat, konteks peristiwa, konteks susasana, konteks orang sekitar, konteks umur, dan juga konteks cuaca. Bentuk tindak tutur langsung yang digunakan anak adalah tindak tutur langsung pada sasaran dan tindak tutur langsung dengan alasan. Sedangkan tindak tutur tidak langsung yang digunakan anak memanfaatkan modus-modus, antara lain tindak tutur tidak langsung dengan modus menyatakan fakta, menyatakan kebiasaan, bertanya, memberi informasi, mengeluh, memanfaatkan orang ketiga dan menyatakan kekurangan.Kata kunci: anak, konteks, tindak tutur.