Jenis, Struktur, dan Pola Pengembangan Paragraf Buku Teks Bahasa Indonesia dan Implikasinya

Main Authors: Fitriani, Devi, Sunarti, Iing, Riadi, Bambang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Unila , 2018
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/16029
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/16029/11575
Daftar Isi:
  • This research describes the type, structure, and pattern of paragraph development in the text in Indonesian VII textbooks of Junior High School/Madrasah Tsanawiyah VII class of education and its implications for learning in junior high school. Data collection techniques used are documentation techniques. The results showed by type of paragraph, the most commonly found paragraph that is the deductive paragraph and the fewest paragraph with the main idea spread. Based on the structure of the paragraph, the most likely possibility is the sixth possibility and the least possible fourth. There is also a possibility that is not found the first possibility and the second possibility. Based on the pattern of paragraph development, the most common pattern of development was the pattern of illustration development and the least was the pattern of developing the illustration. The results of this study can be implicated in the text material description class VII curriculum 2013 that is KD 3.2.Penelitian ini mendeskripsikan jenis, struktur, dan pola pengembangan paragraf pada teks bacaan dalam buku teks bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII terbitan kemendikbud dan implikasinya terhadap pembelajaran di SMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan jenis paragraf, paragraf yang paling banyak ditemukan yaitu paragraf deduktif dan yang paling sedikit paragraf dengan ide pokok menyebar. Berdasarkan struktur paragraf, kemungkinan yang paling banyak ditemukan yaitu kemungkinan keenam dan yang paling sedikit yaitu kemungkinan keempat. Terdapat pula kemungkinan yang tidak ditemukan yaitu kemungkinan pertama dan kemungkinan kedua. Berdasarkan pola pengembangan paragraf, pola pengembangan yang paling banyak ditemukan yaitu pola pengembangan ilustrasi dan yang paling sedikit yaitu pola pengembangan perulangan. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada materi teks deskripsi kelas VII kurikulum 2013 yaitu KD 3.2.Kata kunci: paragraf, jenis, struktur, pola pengembangan