PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GEDONG TATAAN

Main Authors: Sari, Anggun Mawar, Rusminto, Nurlaksana Eko
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Unila , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/11304
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/11304/8011
Daftar Isi:
  • This research aimed to describe the learning of compiling explanation text for 7th grade student at state junior high school 1 Gedong Tataan. The method that was used in this study was qualitative descriptive. The result of this study showed that the teacher had done three stages of learning, including planning, implementation, and learning assessment. Learning plan that was contained in lesson plan that used by teacher using the RPP format in 2013 curriculum. In the implementation of learning it was founded that teacher’s activity had filled the 2013 curriculum learning concept, such as implementing scientific approach which consisted of observing, questioning, practicing, understanding and communicating. In the learning assessment of compiling explanation text, teacher used authentic assessment to assess affective, cognitive, and psychomotoric competences of students.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menyusun teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gedong Tataan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Perencanaan pembelajaran tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan oleh guru dengan mengikuti format RPP kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran ditemukan bahwa kegiatan guru telah memenuhi konsep pembelajaran kurikulum 2013, yakni telah menerapkan pendekatan scientific yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Pada penilaian pembelajaran menyusun teks eksplanasi, guru menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik.Kata kunci: eksplanasi, menyusun, pembelajaran.