Persepsi Guru SD Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 dI Kecamatan Kuranji Padang
Main Authors: | Ismira, Ismira, Noprina, Winda, Haqqah, Miftahul, Sukandar, Warlan |
---|---|
Other Authors: | STKIP ADZKIA |
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/1708 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/1708/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak Penerapan kurikulum 2013 menimbulkan tanggapan beragam dari berbagai kalangan, terutama bagi pelaksana pendidikan di sekolah. Masih ada guru yang kurang memahami tentang pelaksanaan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi guru kelas Sekolah Dasar terhadap penerapan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu suatu bentuk penelitian yang menghasilkan data angka pada analisis data mengenai obyek yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru kelas Sekolah Dasar Kecamatan Kuranji Kota Padang pada data aspek pemahaman 74,72% dengan kategori baik, aspek penerimaan 70,22% dengan kategori baik, dan aspek mengevaluasi 65,20% dengan kategori baik. Rata-rata persepsi guru kelas Sekolah Dasar terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 adalah 70,04% dengan kategori baik.