HUBUNGAN PERILAKU BULLYING DENGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 37 PEKANBARU

Main Authors: Emi, Raja, Syahrial, Syahrial, Hardi, Vitri Angraini
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , 2021
Subjects:
Online Access: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/1412
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/1412/1068
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena maraknya bullying di dunia pendidikan terutama sekolah yang menyebabkan siswa kesulitan dalam melakukan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial siswa kelas V SD Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini mengguakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 37 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket perilaku bullying dan kemampuan interaksi sosial. Uji validitas instrumen menggunakan expert judment kemudian di uji cobakan kepada responden dan di analisis menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menghasilkan indeks reliabilitas sebesar 0,681 untuk variabel perilaku bullying dan 0,839 untuk variabel kemampuan interaksi sosial. Teknik analisis data menggunakan rumus Korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai korelasi antara variabel X dan Y dengan hasil uji hipotesis sebesar -0,710 sehingga menunjukkan hubungan yang signifikan antara perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial siswa kelas V SD Negeri 37 Pekanbaru. Siswa yang mengalami perilaku bullying memiliki permasalahan dengan kemampuan interaksi sosial. Pihak sekolah diharapkan mampu mengatasi perilaku bullying yang terjadi di sekolah.