Hubungan antara Persepsi terhadap Celebrity Endorser dan Kecenderungan Pembelian Kompulsif Online

Main Authors: Handayani, Winda Citra, Renanita, Theda
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Ciputra Surabaya , 2019
Online Access: https://journal.uc.ac.id/index.php/psy/article/view/874
https://journal.uc.ac.id/index.php/psy/article/view/874/744
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap celebrity endorser dan kecenderungan pembelian kompulsif online. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara dimensi persepsi terhadap celebrity endorser yaitu expertise, attractiveness, dan trustworthiness dengan kecenderungan pembelian kompulsif online. Subjek penelitian ini berjumlah 172. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Data diperoleh dengan menggunakan skala persepsi terhadap celebrity endorser yang dikembangkan oleh peneliti dan skala kecenderungan pembelian kompulsif online yang diadaptasi dari Valence, d’Astous, & Fortier (1988). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dimensi expertise dan attractiveness dengan kecenderungan pembelian kompulsif online {(r = 0.110 dengan p= 0.049; r = 0.118 dengan p = 0.038)}, dan tidak ada hubungan antara dimensi trustworthiness dengan kecenderungan pembelian kompulsif online (r = 0.023 dengan p = 0.679).