Nilai Materialistik dan Nilai Hedonistik Pembentuk Kecenderungan Pembelian Kompulsif Online

Main Authors: Anastasia, Ruth Adinda, Renanita, Theda
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Ciputra Surabaya , 2019
Online Access: https://journal.uc.ac.id/index.php/psy/article/view/868
https://journal.uc.ac.id/index.php/psy/article/view/868/740
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara nilai materialistik dan nilai hedonistik dengan kecenderungan pembelian kompulsif online pada mahasiswa S1 di Surabaya. Subyek penelitian sebanyak 172 dengan karakteristik yaitu mahasiswa S1 di Surabaya, melakukan pembelian online paling tidak 2 kali dalam 6 bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik incidental sampling dan uji korelasi ganda serta korelasi parsial. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara nilai materialistik dan nilai hedonistik bersama-sama dengan kecenderungan pembelian kompulsif online (r = 0.789; p = 0.000). Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara nilai materialistik dan kecenderungan pembelian kompulsif online dengan mengendalikan nilai hedonistik (r = 0.265; p = 0.000). Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara nilai hedonistik dan kecenderungan pembelian kompulsif online dengan mengendalikan nilai materialistik (r = 0.590; p = 0.000). Hal ini berarti semakin tinggi nilai materialistik dan nilai hedonisitik, maka semakin tinggi tingkat kecenderungan pembelian kompulsife online.