SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN SISWA BERPRESTASI MENGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Studi Kasus SMP N 4 Satu Atap Kolang )

Main Authors: Desmawati Silaban, Widia Puspa Rani Napitupulu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pustaka Timur , 2020
Subjects:
SAW
Online Access: http://e-jurnal.pustakatimur.org/index.php/sisfotekjar/article/view/14
http://e-jurnal.pustakatimur.org/index.php/sisfotekjar/article/view/14/12
Daftar Isi:
  • SMP N 4 satu atap kolang adalah salah satu sekolah yang terpencil dan tidak memiliki sarana yang memadai yang terletak di pedesaan. meskipun sekolah SMP N 4 Satu Atap Kolang dibilang terpencil namun SMP N 4 Satu Atap Kolang memiliki siswa-siswi yang berprestasi dan juga berbakat . dengan adanya bantuan dari staf guru dan juga berbakat, kegigihan setiap siswa yang mereka miliki dapat mengoptimalkan kegiatan belajar siswa sehingga siswa-siswi SMP N 4 Satu Atap Kolang dapat menambah wawasan mereka tentang pendidikan, sehingga menghasilkan siswa yang mempunyai peluang untuk mendapatkan prestasi - prestasi yang diperoleh setiap siswa dan prestasi juga dapat berupa tiap tahun nya semua itu tergantung dengan siswa - siswi tersebut. Untuk dapat mengetahui siswa yang memiliki prestasi maka diperlukan suatu Sistem Pendukung Keputusan yang dapat membantu dalam menentukan siswa yang berprestasi pada SMP N 4 Satu Atap Kolang dengan menggunakan metode yang dapat mendukung untuk menyelesaikan permersalaha yang ada maka diperlukan untuk menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) karena metode ini mampu menyelesaikan permasalahan yang ada dengan alternatif dan jumlah alternatif tertentu sesuai kriteria dan sub kriteria yang tertentu. Penelitian ini dilakukan untuk mencari siswa berprestasi sesuai nilai bobot untuk setiap kriteria tertentu kemudian akan dihitung maka hasil nilai prekingan yang ada adalah v1 0.98, v2 0,98 v3 0,94 v4 0,96 v5 1,1 maka dari nilai hasil prekingan maka dapat di putuskan alternatif v5 yang menjadi siswa yang berprestasi.