PENGEMBANGAN LKS DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI DIAGRAM GAYA NORMAL, GAYA LINTANG, DAN MOMEN DI KELAS X TGB 1 SMK NEGERI 1 SIDOARJO
Main Authors: | WIDORETNO, PURANTI, FRIDA DORINTAN BERTUA P, NURMI |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/8648 |
Daftar Isi:
- Materi diagram gaya normal, gaya lintang, dan momen merupakan materi yang berhubungan dengan konsep gaya dan momen. Materi tersebut membutuhkan pemahaman tinggi yang dapat diperoleh melalui diskusi dan berfikir kritis. Untuk dapat meningkatkan keaktifan siswa dibutuhkan suatu metode dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa adalah Pembelajaran Berbasis Masalah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kelayakan LKS dengan Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi diagram gaya normal, gaya lintang, dan momen. (2) bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS yang dikembangkan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Four-D (4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Sidoarjo. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi LKS, lembar pengamatan afektif, lembar pengamatan psikomotorik, dan tes hasil belajar. Setelah menghasilkan LKS yang telah ditelaah oleh para penelaah kemudian di ujicobakan pada siswa. Ujicoba dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS yang dikembangkan. Hasil belajar meliputi tiga ranah, yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan LKS berdasarkan telaah para ahli sebesar 84,48% yang termasuk dalam kategori sangat layak sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran. (2) Ketuntasan hasil belajar klasikal yang dicapai pada ranah kognitif sebesar 86,11% termasuk dalam kategori sangat baik, hasil belajar pada ranah afektif sebesar 79,12% termasuk dalam kategori baik, sedangkan hasil belajar pada ranah psikomotorik sebesar 77,59% termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci: LKS, Pembelajaran Berbasis Masalah, Diagram gaya normal, gaya lintang, dan momen. Normal force diagram of the material, force latitude, and the moment is related to the concept of material forces and moments. The material need a high understanding that can be gained through discussion and critical thinking. To be able increase the activity of students needed a method and Student Work Sheets (LKS). One of method that can enhance students ability to think is the Problem Based Learning . The purpose of this study is: (1) describe the feasibility of Problem Based Learning worksheets with material of normal force diagrams, latitude force, and moments. (2) How the learning result of students after using worksheets developed. This research refers to the Four-D model of development (4-D) which consists of four stages: define, design, develop, and disseminate. The subjects of this research are students of class X TGB 1 SMK Negeri 1 Sidoarjo. The instrument used was a validation sheet of worksheets, affective observation sheet, psychomotor observation sheet , and achievement test. After produce worksheets that has been reviewed by the reviewers then tested on students. Tests conducted to determine student learning result after using of worksheets developed. Results of study includes three domains, that are cognitive, affective and psychomotor domains. The results showed that: (1) review of the feasibility of worksheets based on the experts at 84.48% which is included in the category of very decent so it can be used for learning. (2) Complete classical learning results achieved on the cognitive domains of 86.11% is included in the excellent category, learning result on the affective domain of 79.12% is included in good category, while the learning result on the psychomotor domain of 77.59% including in good category. Keywords: worksheets, Problem Based Learning, normal force diagram, latitude force, and moments.