PENGGUNAAN MEDIA MINIATUR DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI GAYA DAN MOMEN DI KELAS X TGB 3 SMK NEGERI 3 SURABAYA
Main Authors: | FAUZIYAH, NUR, , SUPARJI |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/6352 |
Daftar Isi:
- Media miniatur adalah salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran pada materi gaya dan momen. Media ini dapat mempermudah ingatan siswa untuk memahami gaya dan momen, karena bentuknya 3 dimensi, sehingga siswa tidak perlu lagi membayangkan bentuknya gaya dan momen dalam konstruksi bangunan. Rumusan dari penelitian ini adalah tentang kelyakan media, hasil belajar siswa dan respons siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media miniatur apabila diujicobakan pada salah satu sekolah khususnya di SMK Negeri 3 Surabaya, yang memang belum menggunakan media miniatur, serta untuk mengetahui hasil belajar, dan respons siswa setelah menggunakan media miniatur. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Pre-Experimental Design, dengan menggunakan One-Shut Case Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TGB yang berjumlah 108 siswa, sedangkan sampelnya kelas X TGB 3 yang berjumlah 36 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Sample Random Sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menganalisa kelayakan media, menguji hipotesis dengan uji t satu pihak kanan, dan menganalisis respons siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan media miniatur sebesar 87,50%, termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa kelas X TGB 3 mendapatkan rata-rata ulangan harian sebesar 78,64 dengan thitung sebesar 5,425. Nilai ttabel sebesar 1,699 dengan derajat kebebasan sebesar 5% (0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan hasil rata-rata skor respons siswa adalah sebesar 3,03 dalam kategori positif (+) Kata kunci: Media Miniatur, Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Gaya dan Momen Miniature media is one of media on learning process at force and moment subject. This media help students to memories and understand force and moment, Because have 3dimention. So, students don’t need to imagine force and moment shape on building construction. Then, research question is media validity, student outcome, and student response. The aims in this research in knowing validity of miniature media wherever it was implemented on school, especially in State Vocational School 3 Surabaya, which never use this media before. In addition, what to know students outcome and response after using miniature media. This research is Pre-Experimental Design by using one-shut case study design. Research population are all student in class X TGB with 108 students, however the research sample is 36 students on X TGB 3 class. Taking sample use sample random sampling. Moreover, collecting include technique use test and questionnaire. While include analysis technique by analysing media validity, examining hypothesis with one right tail test, and analysing students responses. The result shows that miniature media validity is 87,50%, which very valid categories. The students outcome result show that average test is 78,64, with taccount is 5,425. Then ttable is 1,699 with 5% freedom degree, so Ha is accepted and Ho is refused. However, average score result of students response is 3,03, on positive categories (+). Key word: Miniature Media, Problem Based Instruction, Force and Moment