PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS DENGAN KOVENSIONAL PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGAMBAR KONSTRUKSI KUSEN PINTU & JENDELA DI SMK NEGERI 7 SURABAYA
Main Authors: | SEPTI ARIFIANTO, YUGI, KUSTINI, INDIAH |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/12479 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Practice-Rehearsal Pairs dengan model pembelajaran konvensional. Sasaran penelitian yaitu kelas XI TGB di SMK Negeri 7 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dan menggunakan desain Control Group Posttest. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui, hasil belajar siswa yang dianalisis dengan uji-t. Perlakuan pertama yang dilakukan yaitu memberikan proses pembelajaran, dan terakhir pemberian test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 80,90 dan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 75,85, sedangkan melalui perhitungan uji-t didapat ttest > ttabel, yaitu nilai ttest sebesar 3,552 dan ttabel pada taraf signifikansinya 5% (0,05) adalah sebesar 2,0017. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Practice-Rehearsal Pairs lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional pada standar kompetensi menggambar konstruksi kusen pintu & jendela di SMK Negeri 7 Surabaya. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Practice-Rehearsal Pairs, hasil belajar. This study aims to determine the differences in learning outcomes by using cooperative learning model type-Rehearsal Practice Pairs with conventional learning models. Target research that class XI TGB in SMK Negeri 7 Surabaya. This type of research is True Experimental Design and use the Control Group posttest design. Methods of data collection in this study was obtained through, student learning outcomes were analyzed by t-test. The first treatment is carried out is to give the learning process, and the last administration of the test to determine student learning outcomes. From the results obtained, shows that the average experimental class learning outcomes by 80.90 and the average value control class is 75.85, while through the t-test calculations obtained ttest> ttable, ttest value of 3.552 and ttable on significance level of 5% (0.05) is equal to 2.0017. It can be concluded that the learning outcomes of students who use cooperative learning model type-Rehearsal Practice Pairs higher than the learning outcomes of students who use conventional learning model on the competency standards of construction drawing doorframe and window at SMK Negeri 7 Surabaya. Keywords: cooperatif type Practice-Rehearsal Pairs learning model, learning results.