PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TGB-2 SMKN 1 MOJOKERTO
Main Authors: | TRI DIANTO, BAYU, ESTIDARSANI, NANIK |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/11673 |
Daftar Isi:
- Sarana pembelajaran di SMKN 1 Mojokerto sudah memadai dengan adanya beberapa peralatan seperti komputer dan LCD Projector. Namun, pembelajaran menggunakan media pembelajaran ini belum maksimal. Hasil survei terhadap hasil belajar siswa kelas X TGB pada tahun ajaran 2012/2013 bahwa ketuntasan belajar siswa mencapai 74,36%. Tujuan dari penelitian ini adalah: a) mengetahui pengaruh media pembelajaran macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi menerapkan konsep keseimbangan dengan diagram gaya normal, gaya lintang, dan momen pada balok sederhana. b) mengetahui respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran macromedia flash untuk materi menerapkan konsep keseimbangan dengan diagram gaya normal, gaya lintang, dan momen pada balok sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Studi Teknik Gambar Bangunan di SMKN 1 Mojokerto. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TGB-2 sejumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X TGB-3 sejumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Analisis data untuk validasi perangkat pembelajaran menggunakan analisis deskriptif, sedangkan analisis hasil belajar siswa digunakan uji-t dua pihak sampel independen melalui program SPSS 17. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 79,76 dengan persentase ketuntasan sebesar 86,84%, sedangkan rerata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 76,68 dengan persentase ketuntasan sebesar 73,68%. Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil thitung adalah 2,126 (α=0,05; dk = 74; signifikansi = 0,037) dan ttabel adalah 1,995 sehingga thitung > ttabel (2,126 > 1,995). Respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran Macromedia Flash sebesar 81,23%. Artinya, siswa merespon positif terhadap penerapan media pembelajaran tersebut. Kata Kunci: Macromedia Flash, Hasil Belajar Siswa, Mekanika Teknik The means of learning at SMKN 1 Mojokerto is adequate with some equipment such as a computer and LCD Projector but learning using this media has not been maximized. The results of a survey of learning outcomes grade X TGB academic year 2012/2013 that done students reached 74%. The purpose of this research is: a) to know influence of macromedia flash to student learning results for subject apply diagram style with a normal balance, force and moment of latitude, on a simple beam. b) to know the student response to aplication of macromedia flash for subject apply diagram style with a normal balance, force and moment of latitude, on a simple beam. This research is a quasy experiment. The population in this research is the whole grade X building graphics Courses at SMKN 1 Mojokerto. The sample in this research is the X TGB-grade 2 of 38 students as class experiments and X TGB-grade 3 of 38 students as class control. Analysis of data for validation of learning device using a descriptive analysis and analysis results of student learning used t-test independent samples of the two parties with software SPSS 17. The mean results of student learning classroom experiments of 79,76 with done percentage by 86,84% while the average learning outcomes grade control of 76,69 with 73,68% done percentage. Based on the results of the analysis of the t-test shows that there is a difference learning outcomes between experimental group and control group. Results thitung is 2,126 (α = 0.05; dk = 74; sig = 0.037) and ttabel is 1,995 so thitung > ttabel (2,126 > 1,995). Student response to the implementation learning media of Macromedia Flash 81,23%. That is, students respond positively towards the implementation of the learning media. Keywords: Macromedia Flash, Student Learning Results, Engineering Mechanics