PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RENCANA ANGGARAN BIAYA (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 BENDO MAGETAN)
Main Authors: | RAGIL KURNIAWAN, FAJAR, ESTIDARSANI, NANIK |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/11583 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada materi pelajaran rencana anggaran biaya konstruksi kuda-kuda kayu; dan hasil belajar siswa menggunakan metode TAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dilakukan secara bergantian. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tes hasil belajar (post-test) dan pada pertemuan ke III dan ke IV kelas XI GB 1 dan XI GB 2 di SMK Negeri 1 Bendo Magetan. Uji t dihitung menggunakan program IBM SPSS Statistics 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat peningkatan penilaian keterlaksanaan pembelajaran sebesar 2,6 % pada kelas kontrol dari 67,8 % ke 70,4 %. Peningkatan keterlaksanaan pembelajaran juga terjadi di kelas eksperimen sebesar 8,69 % dari 68,7 % ke 77,39 %. Berdasarkan perhitungan uji t pertemuan ke III didapatkan nilai thitung > ttabel (2,300 > 2,00095) dan pada pertemuan ke IV didapatkan dengan nilai thitung > ttabel (2,318 > 2,00095). Artinya, terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan kelas yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi RAB. Kata Kunci : Team Assisted Individualization (TAI), Keterlaksanaan Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa This study aims to determine the effect of learning outcomes teaching methods Team Assisted Individualization (TAI) on the subject matter the budget plan construction wooden horses; and student learning outcomes using the TAI. This type of research is a quasi experiment with experimental class and control class conducted alternately. Collecting data in this study were obtained through observation sheet outcomes learning cooperative learning model of TAI and the achievement test (post-test) and at the meeting to the III and IV to class XI and XI GB 1 GB 2 in SMK Negeri 1 Bendo Magetan. T test calculated using IBM SPSS Statistics 18 program. The results showed that, there is an increase in feasibility assessment of learning by 2,6% in the control group from 67,8% to 70,4%. Increased adherence to learning also occurs in the experimental class of 8,69% from 68,7% to 77,39%. Based on the calculation of the third meeting of the t test obtained tcount> t table (2,300 > 2,00095) and the fourth meeting obtained by tcount > t table (2,318 > 2,00095). That is, there are differences in learning outcomes between classes that implement cooperative learning methods TAI with classes that implement conventional teaching methods. Thus, cooperative learning model of TAI effect on student learning outcomes in RAB material. Keywords: Team Assisted Individualization (TAI), Learning outcomes, Student Results