Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX2 UPT SPF SMPN 19 Bulukumba Melalui Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching)

Main Author: Arifuddin
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Nizamia Learning Center , 2021
Subjects:
PAI
Online Access: https://jurnalnizamia.com/index.php/nizamia/article/view/2
https://jurnalnizamia.com/index.php/nizamia/article/view/2/1
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX2 SMP Negeri 19 Kabupaten Bulukumba melalui Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching). Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas IX2 SMP Negeri 19  Bulukumba sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan setelah pemberian tes hasil belajar siswa setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Nilai rata-rata hasil belajar Siswa Kelas IX2 SMP Negeri 19 Kabupaten Bulukumba pada akhir siklus I 67,54 dengan kategori sedang, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 78,67 dengan kategori tinggi dan (2). Hasil belajar Siswa Kelas IX2 SMP Negeri 19 Kabupaten Bulukumba pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas IX2 SMP Negeri 19  Bulukumba melalui Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching).