POLA KOMUNIKASI LPM SUAKA UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK PADA KEGIATAN JURNALISTIK (Studi Kasus Lembaga Pers Mahasiswa Suaka UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Main Author: | Ali Bilhadj, Muhammad Abassi; Universitas Telkom Bandung |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Ahmad Dahlan
, 2017
|
Online Access: |
http://journal.uad.ac.id/index.php/CHANNEL/article/view/6350 http://journal.uad.ac.id/index.php/CHANNEL/article/view/6350/3352 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola komunikasi penyelesaian konflik padakegiatan jurnalistik yang dilakuakan Lembaga Pers Mahasiswa Suaka UIN Suanan Gunung DjatiBandung. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimanapola komunikasi penyelesaian konflik serta tahapan yang dilakukan untuk mengatasi konflikberkepanjangan terhadap kegiatan jurnalistik yang terjadi.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, untuk memenuhi tujuan penelitian penelitian,peneliti menggunakan paradigma kritis, dengan menggunakan analisis pola komunikasi organiasidan manajemen konflik organisasi.Hasil penelitian menunjukkan komunikasi organisasi harus dilakukan dengan menerapkankomunikasi internal dan pola komunikasi eksternal, penerapan komunikasi internal terdiri dari polakomunikasi vertikal, pola komunikasi horizontal, dan pola komunikasi diagonal, sedangkan komunikasieksternal dibangun menggunakan pola komunikasi dari organisasi ke khalayak dan polakomunikasi dari khalayak ke organisasi.Komunikasi internal organisasi dibentuk lewat pola komunikasi vertikal, diterapkan padakomunikasi antara atasan dengan bawahan. Pola komunikasi horizontal, yang diterapkan padakomunikasi antar bawahan atau anggota, dan pola komunikasi diagonal, yang diterapkan padakomunikasi antara kepala divisi dengan bawahan di luar divisi yang di bawahi. Pada komunikasieksternal dibentuk lewat pola komunikasi dari organisasi ke khalayak, komunikasi yang dilakuakanorganisasi untuk menjalin hubungan atau memecahkan masalah dengan organisasi eksternal. Polakomunikasi dari khalayak ke organisasi, komunikasi yang dilakuakan sebagai respon dari kegiatanyang dilakukan organisasi, yang direspon oleh organisasi eksternal atau khalayak. Pola untukmemecahkan konflik yang terjadi yaitu menggunakan beberapa tahapan menajemen konflik organisasi,yaitu tahap pengenalan, tahap diagnosis, tahap menyepakati suatu solusi, tahap pelaksanaandan ditutup dengan langkah evaluasi.Kata Kunci: Pola Komunikasi, manajemen konfik organisasi, jurnalistik, lembaga pers mahasiswa.