Daftar Isi:
  • Pembelajaran Jaringan Kerja dengn metode CPM bagi sebagian mahasiswa dirasa sulit untuk dipahami terutama dalam menyusun jalur pada jaringan kerja yang berpengaruh pada perhitungan waktu ES (Earliest start time), LS (Latest start time) dan menentukan jalur kritis. Prestasi belajar mahasiswa sering diindikasikan dengan permasalahan belajar dalam memahami materi. Kegiatan belajar di dalam kelas dengan lisan, tulisan dan slide powerpoint dapat menyebabkan pembelajaran menjadi kurang meningkatkan minat belajar dan cenderung monoton. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam belajar materi jaringan kerja dengan metode CPM yang dapat dilakukan diluar jam perkuliahan. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar dalam kegiatan belajar khususnya jaringan kerja dengan metode CPM.Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Jaringan Kerja CPM. Pengumpulan data dalam metode ini menggunakan metode studi pustaka, metode wawancara, dan metode observasi. Aplikasi disusun sesuai dengan pengembangan sistem yang mencakup identifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test. Konsep pembelajaran dalam belajar mahasiswa bersifat mandiri. Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai Media Pembelajaran Jaringan Kerja CPM. Aplikasi telah diuji coba menggunakan black box test dan alpha test. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran mahasiswa dan dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran Jaringan Kerja CPMKata Kunci : Media Pembelajaran, Jaringan Kerja, Metode CPM, Riset Operasi