Daftar Isi:
  • Saat ini semakin banyak orang yang menaruh minat untuk mempelajari bahasa asing selain bahasa Inggris, salah satunya adalah Bahasa Korea. Saat melakukan penelitian di lembaga kursus Bahasa Korea siswa masih kesulitan dalam penulisan dan pengucapan huruf Hangeul dengan benar. Dapat dicontohkan kesulitan tersebut adalah ketika menulis sebuah kata, siswa masih sulit dalam meletakkan huruf akhir yang tepat untuk kata tersebut.Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pengenalan huruf Hangeul. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan, metode observasi, dan metode wawancara. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan sistem, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test, penggunaan sistem dan tahap akhir adalah memelihara sistem.Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Bahasa Korea Dasar tentang pengenalan huruf Hangeul khususnya cara penuliasan dan cara pengucapan bagi siswa kursus Bahasa Korea kelas dasar. Aplikasi telah diuji coba menggunakan black box test dan alpha test. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu proses pembelajaran secara mandiri pada siswa dan dapat digunakan sebagai alat bantu guru yang dapat menunjang pembelajaran Bahasa Korea di kelas.Kata Kunci : Bahasa Korea, Huruf Hangeul, Multimedia