PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) C SMK NEGERI 1 PAJANGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Authors: Susilawati, Eli; Universitas Ahmad Dahlan, Sunaryo, Sunaryo; Universitas Ahmad Dahlan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Ahmad Dahlan , 2020
Subjects:
NHT
Online Access: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/article/view/22530
http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/article/view/22530/11082
Daftar Isi:
  • Interaksi belajar siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan (TGB) C SMK Negeri 1 Pajangan Kabupaten Bantul dalam pembelajaran matematika masih rendah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum memotivasi siswa untuk aktif berinteraksi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan interaksi belajar matematika siswa kelas XI TGB C SMK Negeri 1 Pajangan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setting penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI TGB C SMK Negeri 1 Pajangan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan interaksi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi interaksi belajar matematika siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu rata-rata persentase siklus I sebesar 57, 84% dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 76, 91% dengan kriteria baik.