MEMBANGUN APLIKASI GAME SOKOBAN BERORIENTASI OBJEK PADA PONSEL DENGAN TEKNOLOGI JAVA 2 MICRO EDITION (J2ME)
Main Authors: | Pujiyono, Wahyu; Universitas Ahmad Dahlan, Hananto, Mursid Wahyu; Universitas Ahmad Dahlan, Suheri, Suheri; Universitas Ahmad Dahlan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Ahmad Dahlan
, 2006
|
Online Access: |
http://journal.uad.ac.id/index.php/TELKOMNIKA/article/view/1256 http://journal.uad.ac.id/index.php/TELKOMNIKA/article/view/1256/908 |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi saat ini sangatlah pesat, salah satunya adalah dibidang hiburan yaitu game. Hadirnya teknologi Java (J2ME) pada ponsel, menjadikan game tidak lagi hanya dijalankan atau dimainkan pada platform konsol maupun komputer, melainkan juga dapat dijalankan pada perangkat handheld seperti ponsel. Pengembangan game pada ponsel dengan prosessor, memori, layar dan keypad yang terbatas membutuhkan inovasi atau ide-ide kreatif dalam memodifikasi game, sehingga dapat dimainkan di ponsel dengan baik. Salah satunya adalah dengan menerapkan teknik pemrograman berorientasi objek. Permainan (game) yang banyak dimainkan di antaranya adalah yang ber-genre puzzle games. Makalah ini akan memaparkan teknik pengembangan aplikasi game sokoban yang berorientasi objek pada ponsel.