PENERAPAN SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) CV.GALERY ART BERBASIS WEB MENGGUNAKAN SUGARCRM

Main Authors: Praptomo, Ferdi Nur, Tarmuji, Ali
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan , 2017
Online Access: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF/article/view/10829
http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF/article/view/10829/pdf_110
Daftar Isi:
  • CV. Galery art menyediakan bermacam-macam jenis mebel, kusen dan joglo. CV. Galery art memliki banyak customer yang tidak hanya berasal dari kota yogyakarta, tetapi juga berasal dari kota-kota lain di luar kota Yogyakarta. Salah satu kendala yang dihadapi CV. Galery art saat ini adalah bagaiman memberikan informasi dari dan kepada customer dengan cepat.Penelitian ini menggunakan metode penggumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan studi pustaka. Setelah data dikumpulkan dilakukan analisis kebutuhan sistem dan perancangan sistem yang meliputi perancangan proses, perancangan database, perancangan struktur menu dan perancangan interface. Selanjutnya implementasi sistem dengan bahasa pemograman PHP dan data base MySql. Setelah aplikasi dihasilkan maka dilakukan uji program dengan Black Box Test dan Alpha Test.Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Sistem crm CV. Galery art Berbasis Web yang dapat memberikan pengelolaan tentang data customer. Hasil pengujian Black Box Test diperoleh 100% responden menjawab bahwa sistem informasi ini layak dan dapat dipergunakan. Dari pengujian Alpha Test diperoleh 45% sangat setuju, 55% setuju, 0% kurang setuju dan tidak setujuKata Kunci : manajemen hubungan pelanggan, sistem crm dan CV. Galery art, sugar CRM.