BRAND EQUITY: STRATEGI MEMBANGUN MINAT YANG KUAT MENJADI ANGGOTA JARINGAN SAUDAGAR MUHAMMADIYAH (JSM)

Main Author: Saputra, Murry Harmawan; Muhammadiyah University of Purworejo
Other Authors: Hibah Litbang Muhammadiyah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan , 2018
Subjects:
MEK
JSM
Online Access: http://journal.uad.ac.id/index.php/OPTIMUM/article/view/10541
http://journal.uad.ac.id/index.php/OPTIMUM/article/view/10541/6244
http://journal.uad.ac.id/index.php/OPTIMUM/article/downloadSuppFile/10541/1462
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan applied research (penelitian terapan), sehingga penelitian ini memanfaatkan konsep ilmu pengetahuan pada isu-isu tertentu, untuk menjawab persoalan praktis yang terkait dengan pengambilan kebijakan atau social problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis model strategi penguatan brand equity Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM), agar dapat mempengaruhi dan menumbuhkan minat yang kuat para pengusaha Muhammadiyah untuk ikut berpartisipasi aktif dan berkontribusi dalam JSM. Dengan demikian program strategis Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) dapat tercapai dan berkembang secara berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian survei, dengan subjek penelitian adalah para pengusaha Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo. Responden dalam penelitian ini sebanyak 175, yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Proses analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan multiple regression analysis dengan menggunakan program SPSS for Windows.Hasil temuan pada penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdukung. Hal tersebut menunjukkan bahwa model konseptual dan model empiris yang dibangun dalam penelitian ini, mampu menggambarkan dan mengonfirmasi fenomena yang ada. Kekuatan brand persyarikatan Muhammadiyah telah mampu menumbuhkan minat yang kuat bagi para pengusaha yang berafiliasi dengan Muhammadiyah untuk ambil bagian menjadi Anggota Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) yang dicanangkan oleh Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Penelitian ini merupakan penelitian awal yang masih perlu dilanjutkan dengan penelitian lanjutan terkait dengan langkah-langkah strategis untuk pengembangan Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM). Hasil temuan dalam penelitian ini merupakan langkah awal bagi MEK PP Muhammadiyah untuk mengintensifkan program-program yang berkelanjutan demi suksesnya program Jaringan Saudagar Muhammadiyah di berbagai daerah di seluruh Indonesia.