UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAHPUCANGAN 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2018/2019
Main Author: | Susanti, Dwi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/9155 http://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/9155/4384 |
Daftar Isi:
- Latar belakang yang mendorong penulis melakukan penelitian ini adalah kurangnya kemampuan Motorik Halus anak kelompok A2 (usia 4-5 tahun) TK Aisyiyah Pucangan 1 Kartasura.. Anak–anak masih kesulitan dalam mengkoordinasikan gerakan jari-jarinya. Beberapa permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah anak masih kaku dalam memegang pensil, anak belum mampu menggunting garis lengkung, media yang digunakan monoton (kertas),kegiatan kurang menarik. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Pucangan 1 Kartasura tahun ajran 2019/2020. Penelitian dilakukan dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiananakusia 4–5 tahun pada kelompok A2 yang terdiri dari 20 anak di TK Aisyiyah Pucangan 1 Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan aktivitas anak–anak didik. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan motorik halus yang dicapai anak didik lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya. Kondisi awal hanya mencapai 10% namun setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas pada siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 40% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85%. Disimpulkan bahwa melalui kegiatan menggunting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.