PERSEPSI DAN PERILAKU KONSUMSI MASYARAKAT MUSLIM TERHADAP PRODUK HALAL

Main Authors: Budiman, Mochammad Arif, Mairijani, Mairijani, Nurhidayati, Nurhidayati
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Politeknik Negeri Banjarmasin , 2019
Subjects:
etc
Online Access: http://repository.poliban.ac.id/562/1/374
http://repository.poliban.ac.id/562/
http://e-prosiding.poliban.ac.id/index.php/asbis/article/view/374
Daftar Isi:
  • Peredaran berbagai produk yang tidak memiliki jaminan halal di Indonesia saat ini sepertinya semakin meluas. Sirkulasi yang merajalela ini tentu tidak terlepas dari tuntutan masyarakat itu sendiri. Kondisi ini cukup ironis mengingat Indonesia dengan populasi mayoritas Muslim sudah memiliki Undang-Undang Jaminan Produk Halal yang mengharuskan semua produk yang diperdagangkan di seluruh negeri memiliki sertifikat halal dari otoritas yang berwenang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi dan perilaku konsumsi produk halal dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mengonsumsi produk halal di komunitas Muslim, terutama di kalangan pegawai Politeknik Negeri Banjarmasin. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei, sedangkan teknik analisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi responden terhadap produk halal relatif sudah tinggi sebagaimana ditunjukkan oleh tingkat pengetahuan tentang produk halal, persepsi terhadap keamanan produk halal, dan persepsi terhadap kesehatan produk halal. Perilaku konsumsi terhadap produk halal juga menunjukkan hasil yang sangat baik. Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumsi produk halal adalah variabel pengetahuan tentang produk halal dan persepsi terhadap kesehatan produk halal.