KAJIAN PEMILIHAN TIPE E-COMMERCE OLEH UMKM DI INDONESIA

Main Authors: Jannah, Fathul, Farida, Lea Emilia
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.poliban.ac.id/347/1/257
http://repository.poliban.ac.id/347/
http://e-prosiding.poliban.ac.id/index.php/asbis
Daftar Isi:
  • Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) memberikan sebuah peluang serta tantangan bagi para UMKM agarmemiliki keunggulan kompetitifdan menjadi UMKM yang lebih besar. UMKM memiliki potensi untuk membangun ekonomi daerah dan negara, tetapi sulit untuk dikembangkan karena pembiayaan yang sangat terbatas.Pada era digital, banyak e-commerce yang hadir di Indonesia.Perubahan akibat meningkatnya jumlah pengguna internet dan perubahan perilaku konsumen dari yang berbelanja secara offlinemenjadi berbelanja online, mendorong jumlah peningkatan pendapatan melalui transaksi e-commerceyang ada di Indonesia.Customer to Customer(C2C)dengan Bisnis to Customer(B2C) semakin berbaur satu sama lain. Menurut DailySocial,penggunashopeelebih didominasi oleh pengguna perempuan, karena hal terebut berkaitan dengan seputar kecantikan dan fashion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengguna untuk konsumenan melalui e-commerceadalah perempuan. Pada penelitian survey pada 1240 orang penikmat belanja onlinetersebut diperoleh hasil bahwae-commerceyang paling banyak disukai adalah pada platformBlibli dan Lazada.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui dan untuk menjelaskan tentang pemilihan E-Commercepada UMKM yang ada di Indonesia. Adapun yang menjadi variabel penelitian adalah pemilihan e-commercepada UMKM yang ada di Indonesia