PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X-TIPTL 3, SMKN 3 SINGARAJA
Main Authors: | Fiktoyana, I Nyoman Haris, Arsa, Putu Suka, Adiarta, Agus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2018
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/20858 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/20858/12935 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Project Based Learning mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-TIPTL 3, SMKN 3 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa yang keseluruhan berjenis kelamin laki-laki. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes dan observasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan empat tahap, antara lain: tahap perencanaan awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi/evaluasi dan refleksi. Adapun hasil penelitian ini adalah: terjadinya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dari 67,20 pada refleksi awal menjadi 74,27 pada siklus I (terjadi peningkatan sebesar 10,07), dan meningkat menjadi 79,22 pada siklus II (terjadi peningkatan sebesar 4,95 dari hasil siklus I). Selain itu, juga terjadi peningkatan ketuntasan klasikal, dari 26,47% (9 orang dari 34 siswa) pada refleksi awal menjadi 44,11% (22 orang dari 34 siswa) pada siklus I (terjadi peningkatan sebesar 17,64%) dan meningkat menjadi 97.06% (33 orang dari 34 siswa) pada siklus II (terjadi peningkatan sebesar 52.95%). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-TIPTL 3, SMKN 3 Singaraja.