PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X TITL DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Main Authors: Ambara, Made, Adiarta, Agus, Indrawan, Gede
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2018
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/20218
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/20218/12276
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2017/2018.Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Singaraja, dengan sampel kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik 3 sebagai kelas eksperimen dan X Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data sampel dilakukan secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil post-test hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas eksperimen yaitu 72,60, kelas kontrol yaitu 62,93 dan nilai thitung 5,210 >ttabel 1.998. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen yang menggunakan media video pembelajaran dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media video, sehingga terdapat pengaruh positif penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas X TITL di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2017/2018.