PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DI SDN BOJONG MENTENG II KEC RAWALUMBU KOTA BEKASI TAHUN PELAJARAN 2011-2012

Main Author: Widada, Mulyo
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45 , 2015
Online Access: http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/paradigma/article/view/975
http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/paradigma/article/view/975/849
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi kepala sekolah di SDN Bojong Menteng II, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, pada semester genap tahun ajaran 2011-2012. Subjek penelitian adalah 10 orang guru. Metode penelitian adalah analisis desktiptif dengan tiga siklus tindakan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas kepala sekolah melalui pembinaan dengan supervisi klinis bermanfaat dan dapat membantu guru dalam memahani konsep, peran, dan fungsi guru. Sehubungan dengan itu, direkomendasikan kepada parta kepala sekolah agar melakukan supervisi klinis secara intensif dengan pengelolaan waktu yang tepat dan konsep/metode yang sesuai