Application of the Inquiry Approach in Learning Social Science to Improve the Quality of Learning
Main Authors: | Pratama, Fidya Arie, Al Ghozali, Muhammad Iqbal |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Insania Publishing
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://arji.insaniapublishing.com/index.php/arji/article/view/20 http://arji.insaniapublishing.com/index.php/arji/article/view/20/17 |
Daftar Isi:
- This research is based on the fact that in elementary schools the learning process is still not optimal. Teachers still use conventional methods in carrying out learning activities. So that the result is students become bored and in the end the quality of learning is still low. This is evidenced by the scores of students in social science subjects who still have not reached the KKM score. The use of an inquiry approach is expected to improve the quality and learning outcomes. This research method uses a classroom action research method in class V students using III cycles. The purpose of this study was to describe the social science learning objectives on the subject matter by applying the Inquiry approach to learning models to improve the quality of learning for fifth grade elementary school students. The research approach used in this research is Classroom Action Research. In cycle I activities, increasing learning using the ikuiri approach only shows an average value of 67.92 and there are still many students who have not reached the KKM score. Whereas in cycle II learning activities increased by an average of 77.50 and in cycle III learning outcomes increased quite satisfactorily where student scores showed an average of 89.16 and all students had reached the KKM score. So it can be concluded that teaching and learning activities using the inquiry approach have been able to improve the quality and satisfactory learning outcomes.
- Penelitian ini didasari oleh adanya kenyataan di sekolah SD yang proses pembelajarannya dirasa masih kurang maksimal. Para guru masih menggunakan metode konvensional dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Sehingga hasilnya siswa menjadi bosan dan pada akhirnya kualitas pembelajaran masih rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial yang masih banyak belum mencapai nilai KKM. Peneliti melakukan inovasi dalam penggunaan pendekatan pembelajaran. Penggunaan pendekatan inkuiri yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V dengan menggunakan III siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tujuan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi pokok masalah dengan menerapkan pendekatan Inquiri model-model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa Kelas V SD. Pendekatan penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu bentuk penelitian yang bersifat praktis yang di lakukan guru/ peneliti di dalam kelas yang bertujuan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada kegiatan siklus I peningkatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ikuiri hanya menunjukkan rata-rata nilai 67,92 dan masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM. Sedangkan pada kegiatan siklus II kegiatan pembelajaran meningkat rata-ratanya sebesar 77,50 dan pada kegiatan siklus III hasil pembelajaran meningkat dengan cukup memuaskan dimana nilai siswa menunjukkan rata-rata sebesar 89,16 dan semua siswa telah mencapai nilai KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan inkuiri telah dapat meningkatkan kulaitas dan hasil pembelajaran yang cukup memuaskan.