Efforts to Improve Children's Speaking Skills through the Use of Hand Puppet Media in TK Nurul Amal Perumnas Cirebon

Main Authors: Hadi, Novi Setyanti, Indahyati, Indahyati, Pratama, Fidya Arie
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Insania Publishing , 2019
Subjects:
Online Access: http://arji.insaniapublishing.com/index.php/arji/article/view/14
http://arji.insaniapublishing.com/index.php/arji/article/view/14/13
Daftar Isi:
  • The ability to speak is an important thing for every child to have. Children's speaking ability will also have an impact on intelligence, usually children who have high intelligence will learn to speak easily, quickly understand other people's conversations and have more vocabulary. However, the ability to master speaking skills will not grow by itself, but must go through a learning process and stimuli from the child's immediate environment. The quality of learning in improving children's speaking skills will increase if learning activities use concrete media, considering that children's development at that time is in a concrete period, meaning that children are better taught using something that is real so that it directs children's interest and attention. The method used in this study is a classroom action research method to improve children's speaking skills. The subjects of this study were children of group B TK Nurul Amal Perumnas Cirebon. The results showed that the activities in the first cycle showed that only a few children had good speaking skills, the weakness in the first cycle was the inaccurate use of the child's pronunciation or intonation to speak. In cycle II activities the child's speaking ability has improved. Learning activities are also interesting and children are active in participating in learning activities. From the results of the study it can be concluded that there is an increase in the speaking ability of students after the implementation of learning with the use of hand puppet media.
  • Kemampuan berbicara merupakan suatu hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap anak. Kemampuan berbicara anak juga akan berdampak pada kecerdasan, biasanya anak yang memiliki kecerdasan yang tinggi akan belajar berbicara dengan mudah, cepat memahami pembicaraan orang lain dan mempunyai kosa kata yang lebih banyak. Namun, kemampuan untuk menguasai keterampilan berbicara ini tidak akan tumbuh dengan sendirinya, tetapi harus melalui proses pembelajaran dan stimulus dari lingkungan terdekat anak. Kualitas pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak akan meningkat jika kegiatan pembelajaran menggunakan media yang konkrit, mengingat perkembangan anak pada saat itu berada pada masa konkrit artinya anak lebih baik diajarkan dengan menggunakan sesuatu yang bersifat secara nyata sehingga mengarahkan minat dan perhatian anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Subyek penelitian ini yaitu anak kelompok B TK Nurul Amal Perumnas Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan siklus I menunjukkan bahwa hanya beberapa anak saja yang kemampuan bicaranya sudah baik, kelemahan pada siklus I yaitu masih kurang tepatnya penggunaan lafal atau intonasi dari anak untuk berbicara. Pada kegiatan siklus II kemampuan berbicara anak sudah meningkat. Kegiatan pembelajaran juga berlangsung menarik dan anak aktif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dapat  disimpulkan  bahwa  terjadi  peningkatan  kemampuan berbicara  pada  siswa  setelah  dilaksanakannya pembelajaran  dengan  penggunaan  media boneka tangan  Hal  tersebut  terlihat  dari  aktivitas siswa  dalam  proses  pembelajaran  yang  semakin  meningkat  dalam  setiap siklusnya.