Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran PKn Di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sawan Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Sulasti, Ni Wayan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/616 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/616/495 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus, masing-masing siklus tediri dari 4 kegiatan yakni: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tahap refleksi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 60 dan termasuk ke dalam kategori cukup aktif, sedangkan Aktivitas belajar siswa pada siklus II yaitu sebesar 70 dengan kategori aktif. Jadi dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 10. Hasil belajar pada siklus I adalah sebesar 80 dan termasuk dalam kategori cukup dengan ketuntasan klasikal sebesar 44%, sedangkan hasil belajar pada siklus II sebesar 86.6 dan termasuk dalam kategori baik dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) sebesar 6.6. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) selama penelitian antara lain: Siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran ini, Siswa tidak mempunyai keberanian dalam mengemukakan jawabannya sendiri. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Group Investigation (GI), Aktivitas dan hasil belajar, PKn SMA