PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK BERBASIS LKS DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 4 NUSA PENIDA PADA MATA PELAJARAN PKn TAHUN PELAJARAN 20014/2015
Main Authors: | ., I Gd Pacung Kerta y, ., Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd, ., Drs. I Wayan Kertih,M.Pd |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Jurusan Pendidikan PKn
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/5756 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar PKn melalui penerapan metode diskusi kelompok berbasis LKS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Nusa Penida semester II tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 35 orang. Objeknya meliputi Aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode diskusi kelompok berbasis LKS. Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata 23,38, berada pada kategori cukup aktif sebesar 67% dan pada siklus II nilai rata-rata 32,17, berada pada kategori sangat aktif sebesar 91,91%. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,48 berada pada kategori baik sebesar 77,14% dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,9 yang berada pada kategori sangat baik yaitu sebesar 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 8,79% dan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 57,14%. Disarankan kepada guru yang mengalami masalah sejenis untuk peningkatan metode diskusi kelompok berbasis LKS dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.Kata Kunci : Aktivitas, Metode Diskusi Kelompok Berbasis LKS, Prestasi Belajar. This research aims to improve the activity and learning achievement Civics through the application of group discussion method based student worksheet. This research is a classroom action research conducted in two cycles, through planning, action, observation or evaluation, and reflection. The subjects were students of class VIII A Junior High School 4 Nusa Penida second semester of the academic year 2014/2015, amounting to 35 people. The object includes activities and student achievement in civics learning by using methods based on group discussions Student Worksheet. Results of the study in the first cycle, students' learning activities with an average value of 23.38, currently on active enough category by 67% and the second cycle of the average value of 32.17, is at a very active category of 91.91%. While student achievement on the first cycle with an average value of 75.48 was good category at 77.14% and the second cycle with an average value of 88.9 which is located in the very good category that is equal to 100%. So it can be concluded that the learning activities of students from the first cycle to the second cycle has increased by 8.79% and student achievement from the first cycle to the second cycle has increased by 57.14%. It is suggested to teachers who experience similar problems to an improved method based on group discussions Student Worksheet in increasing the activity and student achievement.keyword : Activity ,Learning Achievement, Method Discussion Group –Based,Student Worksheet