PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASION (GI) DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP NASIONALISME PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Authors: ., Doni Sugara, ., Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd, ., Drs. Dewa Bagus Sanjaya,M.Si
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Jurusan Pendidikan PKn , 2014
Online Access: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/3572
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan hasil belajar PKn dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigasion (GI); (2) meningkatkan sikap nasionalisme siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigasion (GI); (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran koopertif tipe Group Investigasion (GI). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2013/2014, sebanyak 38 orang. Objek penenelitian meliputi hasil belajar PKn, sikap nasionalisme siswa dan kendala-kendala dalam pembelajaran PKn, dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigasion (GI). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) tes; (2) angket/kuesioner; (3) observasi. Pemberian tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar PKn siswa yang dianalisis dengan teknis deskriftif kuantitatif, angket/kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data tentang sikap nasionalisme siswa, Teknik observasi digunakan untuk mengetahui kendala-kendala dalam pembelajaran PKn. Selajutnya, data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigasion (GI) pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2013/2014, dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat dari data berikut ini : (1) terjadinya peningkatan hasil belajar PKn yaitu dari rata-rata 73,4 dengan ketuntasan klasikal 89% pada siklus I menjadi rata-rata sebesar 82,2 dengan ketuntasan klasikal 94,7% pada siklus II; (2) terjadinya peningkatan sikap nasionalisme siswa dari skor rata-rata 59,4 dengan kategori baik pada siklus I menjadi rata-rata 66,3 dengan kategori amat baik pada siklus II; (3) pada siklus I antara lain kendala yakni siswa belum sepenuhnya mengerti dengan tahapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigasion (GI) sedangkan pada siklus II hampir tidak dijumpai kendala-kendala karena hampir semua siswa aktif dan semangat belajar. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigasion (GI) hasil belajar dan sikap nasionalisme This study aims to (1) improve learning outcomes Civics with the implementation of cooperative learning model Group Investigasion (GI); (2) increasing the students' attitudes nationalism with the application of cooperative learning model Group Investigasion (GI); (3) the constraints faced in the implementation of the type of learning model koopertif Group Investigasion (GI). This study is a classroom action research conducted in two cycles of action. The subjects were students of class XI IPA 3 SMA Negeri 4 Singaraja academic year 2013/2014, as many as 38 people. The investigations include civics learning outcomes, nationalism student attitudes and barriers to learning Civics, with the implementation of cooperative learning model Group Investigasion (GI). Collecting data in this study was conducted using (1) test; (2) poll/questionnaire; (3) observation. Provision of test used to obtain data on student learning outcomes Civics technical analyzed by quantitative descriptive, poll/questionnaire used to collect data about students' attitudes nationalism, Observation techniques used to determine the barriers to learning civics. Following that, the data that has been collected analyzed qualitative descriptive. The results showed that the application of cooperative learning model Group Investigasion (GI) in class XI IPA 3 SMA Negeri 4 Singaraja academic year 2013/2014, can improve learning outcomes in subjects Civics. It can be seen from the following data: (1) the improement of learning outcomes Civics, from an average of 73.4 with classical completeness 89% in cycle I an average of 82.2 with classical completeness 94.7% in cycle II; (2) an increase in nationalism students from an average score of 59.4 with a good category in cycle I to an average of 66.3 with a very good category in cycle II; (3) the cycle I among other constraints that understand the stages of learning model of type cooperative learning Group Investigation (GI) while on cycle II hardly encountered obstacles because almost all active students and enthusiasm for learning. keyword : Cooperative learning model Group Investigasion (GI) learning outcomes and attitudes nasioalism