PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS VIII.6 SMP NEGERI 3 BANJAR TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Authors: ., Ni Putu Ratna Febriani, ., Dr. I Gusti Ketut Arya Sunu, M.Pd., ., Drs. Dewa Bagus Sanjaya,M.Si
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Jurusan Pendidikan PKn , 2014
Online Access: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/3562
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/3562/2878
Daftar Isi:
  • Oleh: Ni Putu Ratna Febriani Dr. I Gusti Ketut Arya Sunu, M.Pd Drs. Dewa Bagus Sanjaya, M. Si Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan e-mail: ratna_susastra@yahoo.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan motivasi belajar PKn (2) meningkatkan hasil belajar PKn, dan (3) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran PKn melaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua kali siklus tindakan. Tahapan-tahapan dalam setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, obeservasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 6 SMP Negeri 3 Banjar yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Objek penelitian meliputi motivasi dan hasil belajar PKn siswa. Data motivasi belajar PKn siswa dikumpulkan dengan teknik observasi dan data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui pemberian tes. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) terjadi peningkatan skor rata-rata motivasi belajar PKn siswa siklus I sebesar 46,8% dan tergolong cukup termotivasi sedangkan skor rata-rata motivasi belajar PKn siklus II sebesar 69,7% dan tergolong termotivasi, 2) terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar PKn siswa pada siklus I sebesar 74,4 dengan daya serap yaitu 74,4% dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 68,9%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar PKn siswa pada siklus II sebesar 83,9 dengan daya serap yaitu 83,9% dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 100%. Penelitian ini sudah dapat dikatakan berhasil karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian, yaitu skor motivasi belajar PKn siswa minimal tergolong termotivasi, nilai rata-rata hasil belajar PKn siswa diharapkan mencapai ≥ 75, daya serap siswa mencapai ≥ 75 dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal ≥ 85%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media gambar dan teka-teki silang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 3 Banjar tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), media gambar, media teka-teki silang, motivasi, dan hasil belajar. by Ni Putu Ratna Febriani Dr. I Gusti Ketut Arya Sunu, M.Pd. Drs. Dewa Bagus Sanjaya, M.Si Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan e-mail: ratna_susastra@yahoo.com ABSTRACT This study was aimed at (1) improving learning motivation to study Civics (2) improving learning achievement in Civics, and (3) finding out the constraints faced by the students in studying Civics through the implementation of The Implementation of Picture Media and Crossword Puzzle-Aided Teams Games Tournament Type Cooperative Learning Model (TGT). This study was a classroom action research that was conducted in two action cycles. The stages in each cycle were planning, action, observation/evaluation and reflection. The subjects were 26 students of Class VIII.6 at SMP Negeri 3 Banjar, consisting of 17 male students and 12 female students. The objects of the study were the student’s motivation and Civics learning achievement. Data on student’s Civics learning motivation were collected through a test. Then the data were analyzed descriptive-quantitatively. The results showed that 1) there was an increase in the mean score for the student’s Civics learning motivation, 46.8% in cycle I (falling into “fairly motivated” category ) to 69.7% in cycle II (“motivated” category), 2) there was an increase in the mean score for the student’s Civics learning achievement, 74.4 with absorptive power of 74.4% and class learning completeness of 68.9% while in cycle II, the mean score was 83.9 with absorptive power of 83.9% and class learning completeness of 100%. This study can be said to have been successful since it has met the study criteria of success, i.e., the minimum Civics learning motivation is in “motivated” category, the Civics learning mean score ≥ 75 , the student’s mastery ≥ 75 and the class mastery ≥ 85%. Based on the result of data analysis, it can be concluded that the implementation of picture media and crossword puzzle–aided TGT type cooperative learning model can improve Civics learning motivation and achievement of the students of Class VIII.6 at SMP Negeri 3 Banjar in the academic year 2013/2014. keyword : Teams Games Tournament (TGT), picture media, crossword puzzle media, motivation, and learning achievement.