Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Melalui Penerapan Model PBL Pada Materi Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Denpasar

Main Author: Sukerteyasa, I Putu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2021
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/31430
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/31430/17368
Daftar Isi:
  • Pembelajaran daring akibat pandemi memerlukan penyesuaian guna dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar PPKn peserta didik pada materi Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia melalui google classroom, whatsapp group dan google meet dalam pembelajaran PPKn di kelas XI IPS 4 SMAN 2 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari dua siklus dengan subjek peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Denpasar pada tahun pelajaran 2020/2021. Data hasil belajar PPKn peserta didik diperoleh melalui tes pilihan ganda yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Melalui penerapan model pembelajaran PBL meningkatkan hasil belajar PPKn peserta didik melalui google classroom, whatsapp group dan google meet di kelas XI IPS 4 SMAN 2 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021 dapat dilihat dari pemenuhan kriteria keberhasilan mulai dari rata-rata hasil belajar sebesar 69.54 pada refleksi awal menjadi 77.35 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi 81.59 pada siklus II dengan kriteria baik. Daya serap sebesar 69.54% pada refleksi awal menjadi 77.35% pada siklus I dan meningkat 81.59% pada siklus II. Selanjutnya dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 35.13% meningkat menjadi 76.92% pada siklus I dan siklus II.