PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS X TATANIAGA B DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA
Main Authors: | ., Anak Agung Istri Cintya Pertiwi, ., Prof. Dr. Sukadi, M.Pd, M.Ed., ., Drs. I Nyoman Pursika,M.Hum |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Jurusan Pendidikan PKn
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/2939 http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/2939/2435 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X Tata Niaga B di SMK Negeri 1 Singaraja melalui penerapan strategi pembelajaran e-learning, (2) meminimalisir kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan Strategi Pembelajaran E-Learning di kelas X Tata Niaga B SMK Negeri 1 Singaraja dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa dan (3) membantu guru menemukan solusi atas kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan Strategi Pembelajaran E-Learning di kelas X Tata Niaga B SMK Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan pola siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Niaga B SMK Negeri 1 Singaraja pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 29 orang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, kueisioner, catatan lapangan, dan evaluasi belajar. Data yang diperoleh, dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar klasikal pada siklus I yaitu sebesar 74,31 dan ketuntasan klasikal 69%, ketuntasan yang diperoleh masih dalam kategori kurang. Pada siklus II rata-rata hasil belajar klasikal sebesar 80,34 dan ketuntasan klasikal sebesar 86%. Peningkatan rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II sebesar 6,03%, sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 17%. Kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi pembelajaran e-learning antara lain (1) siswa belum terbiasa dengan strategi pembelajaran e-learning, (2) kemampuan dan keterampilan siswa dalam mengajukan pertanyaan masih sangat rendah, (3) siswa kurang mampu memanfaatkan potensi situs belajar, dan (4) kurangnya motivasi belajar yang diberikan oleh guru di dalam situs menyebabkan siswa malas untuk belajar. Solusi yang peneliti terapkam guna meminimalisisr kendala yang dihadapi yaitu (1) memberikan motivasi awal berupa video terkait materi yang akan diajarkan, (2) memberikan latihan-latihan dan permasalahan-permasalahan guna manubuhkan sikap kritis siswa, (3) menegaskan kepada siswa bahwa siswa selalu diawasi di setiap kegiatan pembelajaran E-Learningi melalui fitur activities, dan (4) mengaktifkan seluruh siswa dengan cara mengkolaborasikan pembelajaran di dalam situs E-Learning dengan diskusi kelompok serta presentasi kelompok di kelas.Kata Kunci : E-Learning, Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan This study aims to ( 1 ) improve learning outcomes Civics class X Tata Niaga B in SMK Negeri 1 Singaraja through the implementation of e-learning strategies , ( 2 ) minimize the constraints faced in the implementation of E - Learning Learning Strategies in class X Tata Niaga B in SMK 1 Singaraja improving student learning outcomes Civics and ( 3 ) help teachers find solutions to the obstacles encountered in the implementation of E - learning Strategies in class X Tata Niaga B in SMK Negeri 1 Singaraja . This study was classroom action research pattern consisting of planning, action , observation , and reflection . The subjects were students of class X Tata Niaga B SMK Negeri 1 Singaraja in the second semester of academic year 2013/2014 , amounting to 29 people consisting of 15 male students and 14 female students . Data was collected through observation , interviews , kueisioner , field notes , and evaluation of learning . The data obtained were analyzed with descriptive - qualitative techniques . The results showed an average of classical learning outcomes in the first cycle is equal to 74.31 and 69 % classical completeness , thoroughness obtained still less category . In the second cycle the average result of 80.34 and a classical study classical completeness by 86 % . The increase in average yield learning cycle I to cycle II of 6.03 % , while the increase in classical completeness of the first cycle to the second cycle of 17% . Obstacles encountered in the implementation of e-learning strategies , among others, ( 1 ) students are not familiar with e-learning strategy , ( 2 ) the ability and skills of students in asking questions is still very low , ( 3 ) students are less able to exploit the potential study sites , and ( 4 ) lack of motivation to learn are given by the teacher on the website cause lazy students to learn . Researchers solutions to obstacles face namely ( 1 ) provide the initial motivation in the form of video -related material that will be taught , ( 2 ) providing exercises and problems to critical attitude of students , ( 3 ) made it clear to the students that the students always monitored in each learning activity E - Learning through feature activities , and ( 4 ) to enable all students in learning how to collaborate within the E - learning site with group discussions and group presentations in class . keyword : E-Learning, Citizenship Education Learning Outcomes.