HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SELF ESTEEM PADA SISWA/SISWI KELAS XII SMA KARTINI KOTA BATAM TAHUN 2018

Main Author: Napitupulu, Rismaida
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Batam , 2021
Online Access: http://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi/article/view/538
http://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi/article/view/538/462
Daftar Isi:
  • Remaja menjadi masa peralihan antara anak-anak dan dewasa, dimana remaja ingin diakui dan dihargai oleh orang lain. Pada remaja terjadi masa ingin dilihat baik atau bertindak menurut hatinya. Perubahan-perubahan yang terjadi pada remaja menjadi sumber dari pembentukan harga diri seseorang, dimana perubahan-perubahan ini membuat suatu perubahan yang sesuai dengan perkembangan pada usia remaja. Kecerdasan emosional menjadi suatu kemampuan dalam diri seseorang untuk memotivasi diri sendiri dalam menghadapi frustasi, mengendalikan dorongan hati, mengatur suasana hati, kemampuan berpikir, berempati dan berdoa. Tanpa kecerdasan emosional seseorang tidak akan bisa menggunakan kemampuan kognitif mereka sesuai dengan potensi yang dimiliki.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian analitik dengan desain cross sectional, yaitu penelitian pendekatan, analitik observasi atau pengumpulan data sekaligus pada suatu saat (point time approach). Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas XII SMA Kartini Kota Batam Tahun 2018. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel jenis total sampling.Pada 120 responden didapatkan siswa/siswi yang memiliki kecerdasan emosional rendah sebanyak 57 orang (47,5%) dan tinggi sebanyak 63 orang (52,5%). Siswa/siswi yang memiliki self esteem buruk sebanyak 55 orang (45,8%) dan yang baik sebanyak 65 orang (54,2%). Pada kelompok kecerdasan emosional rendah yang memiliki self esteem buruk sebanyak 33 orang (27,5%) dan baik sebanyak 24 orang (20,0%). Sedangkan pada kelompok kecerdasan emosional tinggi yang memiliki self esteem buruk sebanyak 22 orang (18,3%) dan baik sebanyak 41 orang (34,2%). Hasil uji statistik dengan chi-square didapatkan nilai p : 0,019. Sehingga Ho ditolak berarti hipotesis kerja diterima.Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan self esteem pada siswa/siswi kelas XII SMA Kartini Kota Batam Tahun 2018.