PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANTANGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS IX D SEMESTER II SMP NEGERI 1 TANJUNG, BREBES TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

Main Author: SUHENDRO, SUHENDRO
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) , 2021
Subjects:
Online Access: https://jurnalp4i.com/index.php/paedagogy/article/view/334
https://jurnalp4i.com/index.php/paedagogy/article/view/334/292
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian dengan menggunakan Model Problem Based Learning dalam prosespembelajaran adalah untuk mengetahui keberhasilan kemampuan menulis teks tantangan danperubahan aktivitas peserta didik melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukandalam dua siklus. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dengan menghitung rata-rata,dan persentase ketercapaian. Data kualitatif dianalisis dengan prosedur reduksi, paparan, dan simpulan. Hasil penelitan diperoleh (1) nilai rata-rata prasiklus 73 menjadi 82,86 pada siklusI dan 85,57 pada siklus II dengan ketuntasan 68,57%, 82,86%, dan 97,1% dan (2) perubahanaktivitas peserta didik yang semakin responsif, konsentrasi, antusias, aktif, dan lebih optimis.