ANALISIS SALURAN PEMASARAN BAWANG MERAH DI DESA SONGAN KECAMATAN KINTAMANI KABUPATEN BANGLI TAHUN 2013
Main Authors: | ., Wayan Juli Arista, ., Drs. I Ketut Dunia, M.Erg., ., Drs. I Made Nuridja, M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/4024 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan (1)menganalisis pola saluran pemasaran bawang merah yang dilakukan di desa Songan Kecamatan Kintamani, (2) mengetahui jumlah margin pemasaran dari masing-masing saluran pemasaran bawang merah di Desa Songan, (3) menganalisis efisiensi pemasaran bawang merah dengan pendekatan fungsi-fungsi pemasaran, lembaga pemasaran, saluran pemasaran, analisis farmer’s share, dan analisis marjin pemasaran. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah petani bawang merah, pedagang pengepul, dan pedagang pengecer yang ada di Desa Songan. Objek penelitian adalah pola saluran pemasaran bawang merah. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan metodedokumentasi. Data dianalisissecara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa. Pertama, pola saluran pemasaran bawang merah di Desa Songan ada empat pola yaitu (1) pola saluran I : Petani – Konsumen, (2) pola saluran II : Petani – Pengecer – Konsumen, (3) pola saluran III : Petani – Pedeagang Pengepul – Pengecer – Konsumen, dan (4) pola saluran IV : Petani – Pedagang Pengepul – Pasar Jawa (Jakarta). Kedua, jumlah marjin pemasaran dari masing – masing saluran pemasaran adalah pola saluran IV memiliki marjin sebesar Rp 5.000;00/kg, III memiliki marjin sebesar Rp 4.000;00/kg, II memiliki marjin sebesar Rp 2.000;00/kg, dan saluran pemasaran I tidak memiliki marjin pemasaran karena petani langsung menjualnya ke konsumen akhir. Ketiga, pola saluran pemasaran di Desa Songan secara keseluruhan masih belum efesien karena dua kreteria berikut, 1) memiliki presentase >5% sedangkan presentase untuk dikatakan efesien adalah