PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS XI IPS MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 2 SINGARAJA TAHUN 2017

Main Authors: Yani, Putu Linda, Zukhri, Anjuman, Tripalupi, Lulup Endah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2019
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/20065
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/20065/12036
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang pngelolaan pembelajaran, pengaruh motivasi belajar, pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 2 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kausal. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Program Sosial Science) versi 16.0. Hasil uji t 6,452 dengan nilai signifikan 0,009 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang positif antara persepsi siswa tentang pengelolaan pembelajaran terhadap hasil belajar, hasil uji t 2,420 dengan nilai signifikan 0,021 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar, dan hasil uji F 21,106 dengan nilai signifikan 0,036 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang positif secara simultan persepsi siswa tentang pengelolaan pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.