PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN METODE BRAINSTORMING MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA SMPN 2 RENDANG KARANGASEM
Main Authors: | ., I Wayan Dena, ., Prof. Dr. I Made Sutajaya,M.Kes., ., Dra.Desak Made Citrawathi,M.Kes |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Jurusan Pendidikan Biologi
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPB/article/view/8319 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui perpaduan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan brainstorming meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experimental dengan Non-Equivalent Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 2 Rendang tahun pelajaran 2016/2017 dengan sampel 69 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan angket motivasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan statistik Manova. Uji Manova menggunakan program SPSS-PC 21 for Windows dengan hipotesis taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukan bahwadiperoleh nilai F = 15,306 dangan nilai p = 0,0001 untuk motivasi belajar. Pada hasil belajar kognitif diperoleh nilai F= 7,578 dengan nilai p = 0,008. Dapat ditarik simpulan sebagai berikut (1) terjadi peningkatan yang bermakna motivasi dan hasil belajar kognitif siswa (2) terjadi peningkatan yang bermakna motivasi belajar perpaduan pada model pembelajaran TGT dengan metode brainstorming sebesar 6,78% dengan nilai p = 0,0001 (p