EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BUKU AJAR IPS BERBASIS SEJARAH LOKAL MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SD KECAMATAN KETOL KABUPATEN ACEH TENGAH

Main Authors: Sukirno, Sukirno, Aprilia, Rapita
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra , 2019
Subjects:
Online Access: https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/1632
https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/1632/1223
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan perbaikan produk buku ajar IPS SD berbasis sejarah lokal di Kabupaten Aceh Tengah berdasarkan pandangan guru sebagai praktisi yang menerapkannya di kelas pada saat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Lingkungan. Selain itu juga untuk melihat efektifitas produk buku ajar melalui hasil belajar peserta didik dengan  persentase klasikal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan data temuan pada penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 22 Ketol, SD Negeri 10 Ketol dan SD Negeri 6 Ketol maka diperoleh masukan perbaikan diantaranya pemahaman terhadap pesan masih belum bermakna bagi peserta didik, beberapa istilah menggunakan kata yang sulit untuk dipahami oleh peserta didik, materi yang disajikan terlalui meluas dari tujuan pembelajaran, dokumentasi gambar memiliki kualitas HD yang rendah, penyajian materi masih sangat konseptual sehingga tidak sesuai dengan perkembangan kognitif peserta didik, penambahan penekanan ajakan untuk dapat melestarikan peninggalan sejarah juga perlu ditambahkan. Berdasarkan masukan tersebut produk buku ajar diperbaiki. Seiring dengan perbaikan produk buku ajar maka didapatkan hasil efektifitas produk dengan persentase klasikal berturut-turut sebesar 64,70% di SD Negeri 22 Ketol, 86,84%  dan di SD Negeri 89,28%. Berdasarkan hasil belajar tersebut maka pada penerapan kedua dan ketiga produk buku ajar IPS SD berbasis sejarah sudah dinyatakan falid sesuai dengan persentase klasikal.