MEDIA AUDIO-VISUAL SEMITA ANGGEN NINCAPANG KEWAGEDAN NYOLAHANG DRAMA BALI MODEREN RING SISIA KELAS VIII A SMP N 3 SINGARAJA
Main Authors: | Sesana, I Gede Ngurah Suwardhi, Aryana, I.B.Putra Manik, Paryatna, I.B.Made Ludy |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/20610 http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/20610/13241 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) bagaimana teknik guru mengajar menggunakan media audio-visual semita untuk meningkatkan kemampuan mendramatiskan drama Bali moderen, (2) apakah media audio-visual semita bisa meningkatkan kemampuan mendramatiskan drama Bali moderen, (3) bagaimana pendapat siswa kelas VIII A dalam proses pembelajaran drama Bali moderen menggunakan media audio-visual semita. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 3 Singaraja, dan objek penelitian ini adalah proses pembelajaran menggunakan media audio-visual semita serta kemampuan siswa mendramatiskan drama Bali moderen. Ada tiga tahap yang dilakukan dalam metode pengumpulan data, antara lain metode observasi, tes dan angket/kuisioner. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) teknik guru mengajar menggunakan media audio-visual semita sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat sebelumnya. (2) media audio-visual semita dapat meningkatkan kemampuan medramatiskan drama Bali moderen, hal ini bisa dilihat dari peningkatan ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 68,57% menjadi 100% pada siklus II. (3) siswa memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran menggunakan media audio-visual semita, hal inii terlihat dari peningkatan skor rerata pada siklus I yaitu 45,06 dan 46,23 pada siklus II. Penelitian yang dilaksanakan ini menggunakan metode pengumpulan data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Kata kunci: media audio-visual, semita (ekspresi), drama Bali moderen.