KENDALA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMAN 2 SINGARAJA DAN SMAN 4 SINGARAJA
Main Authors: | Monifa, Evy, Adnyani, Kadek Eva Krishna, Suartini, Ni Nengah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Undiksha Press
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBJ/article/view/26826 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBJ/article/view/26826/pdf https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBJ/article/downloadSuppFile/26826/3170 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBJ/article/downloadSuppFile/26826/3172 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menganalisis kendala guru bahasa Jepang dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, faktor kendala serta upaya guru untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan teori implementasi Kurikulum 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dikelompokkan sesuai rumusan masalah dan dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu guru mengalami kendala dalam menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, menentukan model pembelajaran, merancang langkah pembelajaran, menyiapkan media pembelajaran, keterbatasan buku ajar, menerapkan pendekatan saintifik, dan melakukan asesmen Kurikulum 2013. Faktornya adalah penggunaan media ajar belum maksimal, ketersediaan sarana prasarana, guru terbiasa mengajar dengan kurikulum lama, keterbatasan penguasaan bahasa Jepang, karakteristik siswa, jumlah siswa, keterbatasan waktu, keaktifan siswa, banyaknya jenis asesmen, dan beban kerja guru yang besar. Upaya yang dilakukan adalah memerhatikan pedoman Kurikulum 2013, mencari materi di sumber lainnya, pemanfaatan teknologi secara optimal dan melakukan penilaian secara bergantian.