Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model CORE pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Terintegrasi Tema 1 Kelas V SD
Main Author: | Priantini, Dewa Ayu Made Manu Okta |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/42154 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/42154/pdf |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran bagi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia sehingga minat siswa untuk belajar kurang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and devlopment) model ADDIE. Subyek uji coba penelitian adalah siswa kelas V SD N 6 Kesiman. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar evaluasi (angket). Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian terhadap produk media dilaksanakan berdasarkan enam aspek, yaitu: aspek isi bidang studi/ dengan persentase tingkat pencapaian 88.05% (layak); ditinjau dari aspek desain pembelajaran dengan persentase tingkat pencapaian 84.65% (layak); ditinjau dari aspek media pembelajaran dengan persentase tingkat pencapaian 87.00% (layak); ditinjau dari aspek uji coba perorangan, dengan persentase tingkat pencapaian 91.55% (sangat layak); uji coba kelompok kecil, dengan persentase tingkat pencapaian 93.40% (sangat layak); dan ditinjau dari aspek uji coba lapangan dengan persentase tingkat pencapaian 92.46% (sangat layak). Dengan demikian produk media video pembelajaran ini memiliki tingkat validitas yang baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia.