HUBUNGAN PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK OLEH PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT
Main Author: | Oxyandi, Miming |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STIK SITI KHADIJAH PALEMBANG
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.stik-sitikhadijah.ac.id/index.php/multiscience/article/view/147 https://jurnal.stik-sitikhadijah.ac.id/index.php/multiscience/article/view/147/113 |
Daftar Isi:
- Background: Therapeutic communication is a shared experience between nurse-clients that aims to resolve client problems. Therapeutic communication includes interpersonal communication with a starting point for mutual understanding between nurses and patients. The fundamental problem of this communication is mutual need between nurses and patients, so that it can be categorized into personal communication between nurses and patients, where nurses help and Clients receive assistance. Objective: this study aims to determine the relationship between the application of therapeutic communication by nurses and patient satisfaction in the Emergency Room (IGD) Institute of Muhammadiyah Hospital Palembang. Method: this study used a cross sectional design. The research sample consisted of 32 respondents (16 nurse respondents and 16 patient respondents) were taken using incidental sampling techniques for patient respondents while those perwat respondents used a total sampling technique. Results: the study showed no relationship between the application of communication (p-value 0.213), orientation phase (p-value 0.213), work phase (p-value 0.213), termination phase (p-value 1.00). Suggestion: for hospitals to improve the application of more optimal therapeutic communication to patients, especially in the emergency room.
- Latar belakng : komunikasi terapeutik adalah suatu pengalaman bersama antara perawat-klien yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah klien. Komunikasi terapeutik termasuk komunikasi interpersonal dengan titik tolak saling memberikan pengertian antara perawat dengan pasien. Persoalan mendasar dari komunikasi ini adalah saling membutuhkan antara perawat dan pasien, sehingga dapat dikategorikan kedalam komunikasi pribadi diantara perawat dan pasien, dimana perawat membantu dan Klien menerima bantuan. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungn penerapan komunikasi terapeutik oleh perawat dengan kepuasan pasien di Instlasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang.Metode : penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 32 responden (16 responden perawat dan 16 responden pasien) diambil menggunakan tekni eksidental sampling untuk responden pasien sedangkan untuk responden perwat menggunakan teknik total sampling.Analisa data yang digunakan analisa univariat dan analisa biavariat mengunankan analisa uji statistisk yaitu chi Squer. Hasil : penelitian menujukkan tidak ada hubungan antara penerapan komunikasi (p-value 0,213), fase orientasi (p-value 0,213), fase kerja (p-value 0,213), fase terminasi (p-value 1,00). Saran: bagi rumah sakit lebih Meningkatkan penerapan komunikasi terapeutik yang lebih optimal pada pasien khususnya diruang instalasi gawat darurat.