PENGARUH MODEL THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF

Main Authors: Hasan, Sumama Hasan, Manongko, Jenly , Liow, Herdy
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Teknik Mesin , 2022
Subjects:
Online Access: https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/gearbox/article/view/991
https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/gearbox/article/view/991/1505
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model think pair and share dan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran TDO. Subjek penelitiannya adalah kelas X SMK N 2 Bitung yang terdiri dari 3 kelas dan diambil 2 kelas secara acak, yaitu kelas X 1 sebagai kelas  eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas  kontrol. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Think Pair And Share adalah  56,8 dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung adalah 38,24. Hal ini berarti rata-rata hasil belajar siswa yang diajarakan menggunakan model pembelajaran thik pair and share lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran TDO.   Kata kunci: model pembelajaran, think pair and share, hasil belajar