Pengunaan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Buah di TK Lestari

Main Author: Mamonto, Citriani
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PG-PAUD FIP Universitas Negeri Manado , 2020
Subjects:
Online Access: https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/676
https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/676/315
Daftar Isi:
  • Masalah yang ditemui di TK Lestari masih banyak anak yang motivasi belajarnya masihkurang sehingga berdampak pada hasil belajar yang kurang baik. berdasarkan observasiada beberapa faktor yang menyebabkan masalah tersebut diantaranya penggunaan metodepembelajaran yang kurang tepat seperti ceramah sehingga anak di dalam kelas hanyamonoton dan tidak ada kesempatan anak untuk bereksplorasi dan juga penggunaan mediapembelajaran yang kurang menarik bagi siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar.Penelitian ini penggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus,jumlah anak ada 12 orang, yang tahap – tahapnya sebagai berikut : 1. Perencanaan, 2.Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembanganmotivasi anak dari siklus I yang hasilnya 60% ketuntasan ke siklus II yang hasilnya100% ketuntasan dengan menggunakan metode pemberian tugas.