PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD GMIM 1 WOLOAN
Main Author: | Rindengan, Mersty |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Forum Pendidikan
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/forum-pendidikan/article/view/352 https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/forum-pendidikan/article/view/352/185 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan karena di SD GMIM 1 Woloan ditemukan bayak siswa yang hasil belajar rendah pada pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di SD GMIM 1 Woloan dari 28 orang siswa, terdiri dari laki-laki 13 orang siswa dan perempuan 15 orang siswa. Yang berhasil 9 orang siswa dan yang belum berhasil 19 orang siswa. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia penyajian konsep materi terkadang hanya menggunakan metode demontrasi yang tidak sesuai dengan materi. Hal ini menimbulkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, dan guru hanya memanggil siswa tertentu.sehingga siswa, menjadi kurang bergairah, kurang aktif dan tidak berpusat pada siswa, hal ini merupakan masalah yang meyebabkan hasil belajar siswa rendah. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesian melalui penerapan model pembelajaran Role Playing pada siswa kelas V SD GMIM 1 Woloan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi dengan dua siklus. Hasil yang diperoleh pada siklus 1 yaitu 64,28% dan siklus II mencapai 84,28% dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD GMIM 1 Woloan sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia kelas V SD GMIM 1 Woloan. Disarankan bahwa penggunaan model pembelajaran Role Playing dapat direkomendasikan sebagai salah satu model pembelajaran bahasa Indonesia.