Penggunaan Permainan Playdough Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun di TK Bahrul Ulun Mopuya

Main Author: Jatiningsih, Elik
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PG-PAUD FIP Universitas Negeri Manado , 2020
Subjects:
Online Access: https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/255
https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/255/172
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana penggunaan permainan playdough dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka. Metode ini digunakan dalam pembentukan dalam bentuk penelitian. tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Repleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik di TK yang berjumlah 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I 53,33% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 10 anak 66,67%. Hasil siklus II terlihat bahwa hasil pembelajaran sudah mencapai ketuntasan belajar anak dimana tingkat perkembangan anak berada pada tingkat berkembang sangat baik ­­­­(BSB) dan dinyatakan berhasil. Kesimpulannya bahwa penggunaan permainan playdough dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka di TK Bahrul Ulun Mopuya.